Tuesday, June 25, 2013

Panduan Dalam Penyusunan Skripsi dan Proposal Skripsi Psikologi

 Panduan Dalam Penyusunan Skripsi dan Proposal Skripsi Psikologi. Ilmu psikologi merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang banyak diminati. Ketika berbicara tentang psikologi, ada beberapa macam metodologi yang digunakan dalam bidang ini, misalnya metodologi eksperimental, observasi ilmiah, sejarah kehidupan, wawancara, angket, dan pemeriksaan psikologi. Tiap-tiap metode memiliki cara yang berbeda dalam mengetahui masalah-masalah psikologi, baik yang terjadi pada individu maupun masyarakat umum. Demikian juga dengan ilmu psikologi yang dipelajari di perguruan tinggi, ada bermacam-macam materi yang diberikan kepada mahasiswa psikologi dan permasalahan-permasalahan psikologi beserta metode-metode penyelesaiannya. Bagi mahasiswa semester akhir, diwajibkan untuk menyusun skripsi psikologi yang menjadi salah satu syarat terpenting untuk mendapatkan gelar sarjana psikologi.

Ada beberapa kajian ilmu psikologi yang dapat dipilih sebagai salah satu konsentrasi dalam penyusunan skripsi psikologi. Kajian ilmu psikologi yang pertama adalah psikologi sosial. Psikologi sosial dibagi menjadi tiga ruang lingkup yaitu studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, studi tentang proses-proses individual bersama, dan studi tentang interaksi kelompok. Kajian ilmu psikologi yang kedua adalah psikologi perkembangan. Bidang studi ini mempelajari perkembangan manusia beserta faktor-faktor yang membentuk perilaku seseorang sejak lahir sampai lanjut usia. Kajian ilmu psikologi yang lain meliputi psikologi kepribadian, psikologi kognitif, psikologi penddikan, psikologi sekolah, psikologi industri dan organisasi, psikologi kerekayasaan, dan psikologi klinis. Kajian ilmu psikologi manapun yang ingin anda angkat menjadi skripsi, anda harus pastikan bahwa anda benar-benar menguasai bidang ilmunya. Hal ini untuk mempermudah proses penyelesaian skripsi yang anda susun.

Berikut ini adalah beberapa contoh judul skripsi yang dapat membantu anda dalam menemukan ide untuk skripsi psikologi yang akan anda susun, diantaranya Kecerdasan Emosional Remaja Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Kualitas Komunikasi Antara Orangtua Dan Anak, Dukungan Sosial Dalam Membangun Penerimaan Diri Orang Tua Yang mempunyai Anak Autis, dan Hubungan Antara Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan Kharismatik Dan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Karyawan. Masih ada banyak lagi fenomena-fenomena yang ada di sekitar anda atau di masyarakat yang dapat anda angkat menjadi sebuah karya ilmiah atau skripsi.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menyusun skripsi psikologi adalah populasi dan sampel, data skripsi, metode skripsi, dan teknik analisis. Semua faktor tersebut harus dkerjakan dengan benar karena akan mempengaruhi pembahasan dan hasil penelitian. Selain itu, kesimpulan dari skripsi juga harus mencakup seluruh pembahasan seluruh skripsi.

No comments:

Post a Comment